Sponsors Link

Contoh Gaya Sentripetal dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Sentripetal artinya menuju ke pusat. Bentuk yang memiliki pusat yaitu sebuah lingkaran. Untuk dapat bergerak maka perlu diberi gaya. Komponen radial sebuah gaya sentripetal yaitu percepatan sentripetal dan massa benda. Rumus massa benda pada gaya sentripetal dapat dicari dengan cara membagai gaya sentripetal dengan percepatan sentripetal.

ads

Gaya sentripetal (Fs)  berarti suatu resultan gaya pada benda melingkar yang arahnya menuju pusat lingkaran. Secara matematis rumus gaya sentri petal dapat ditulis sebagaia berikut:

ΣFs = m.as

Keterangan :

m = massa benda (kg)
as = percepatan sentripetal (m/s2)
ΣFs = resultan gaya sentripetal (N)

Baca juga:

Tipe Gaya Sentripetal

Tipe gaya sentripetal terbagi kedalam dua bagian yaitu benda yang melingkar dengan horizontal dan benda yang melingkar dengan vertikal.  Contoh yang melingkar secara horizontal adalah bandul yang digerakan oleh tangan secara melingkar horizontal, ayunan konis, gaya yang diakibatkan oleh mobil antar ban dan jalan saat membelok pada tingkungan yang melingkar tajam, gerak revolusi bulan terhadap bumi, pergerakan mixer pembuat kue, gergaji mesin penebang pohon.

gaya-sentripetal horizontal

Gaya Sentripetal Horizontal

Contoh gaya sentripetal secara vertikal yaitu komidi putar, gerakan jarum jam, perputaran ban kendaran motor dan mobil, kipas angin, roller coaster, katrol.

 

Sponsors Link

Contoh Gaya Sentripetal dalam Kehidupan Sehari-hari:

  1.  Gesekan ban dan jalan saat di tikungan. Gesekan ban dan jalan yang menikung tajam membuat mobil berputar pada porosnya yang akan menimbulkan gaya sentripetal horizontal.
  2. Gerak revolusi bulan terhadap bumi. Pada gerak revolusi bulan, bumi menjadi sumbu pusat perputaran. Bulan akan mengelilingi matahari dengan lintasan melingkar yang tetap. Perputaran ini menjadi acuan dasar pembuatan kalender Qomariah atau kalender hijriyah.
  3. Gerak Revolusi Bumi. Gerak revolusi bumi menjadikan matahari sebagai poros perputaran dengan gerakan ekliptika. Akibat revolusi bumi yaitu pergantian musim dan sebagai acuan dasar pembuatan kalender masehi atau matahari.
  4. Komidi Putar. Permainan komidi putar yang menerapkan gaya sentripetal salah satunya pada perminan kuda –kudaan. Kuda pada komidi putar tersebut memiliki poros putar berupa tiang yang berada ditengah yang dikelilingi mainan kuda-kudaan. Pergerakan kuda tersebut berutar pada waktu dan frekuensi tertentu.
  5. Gerakan Jarum Jam. Jam memiliki 3 jarum jam yang menunjukkan waktu berbeda-beda yaitu menunjukan jam, menit dan detik. Ketiganya bergerak melingkar dengan kecepatan berbeda dan memiliki poros pusat lingkaran di tengah.
  6. Perputaran Ban Motor atau Mobil. Ban motor atau mobil ketika dijalankan akan berputar. Selama berputar akan menghasilkan frekuensi putar tak terhingga. Perputaran ban melingkar terhadap poros lingkaran ditengahnya. Kecepatan perputaran ban tersebut tergantung pengemudi yang di atur dengan bantuan rem atau gas.
  7. Kipas Angin. Alat ini bermanfaat untuk mengademkan ruangan dengan tenaga putarnya. Menghasilkan udara atau angin segar dengan adanya sistem pada baling-naling pusatnya. Arah putarnya searah.
  8. Katrol. Alat yang dapat membantu kita meringankan beban dengan sistemnya. Katrol dipasang pada ujung tiang bendera, pada ujung sumur timba dan lain-lain. Katrol berupa roda-roda yang memiliki sistem yang dihubungkan dengan tali atau sabuk penghubung. Arah putarnya searah. Makin banyak katrol yang bekerja beban yang diangkat semakin ringan.
  9. Roller Coaster. Salah satu wwahana permainan di tempat rekreasi dengan menggunakan roda-roda yang saling terhubung dan bersinggungan denganarah putar yang berlawanan.
  10. Mixer Pembuat Kue. Mixer merupakan alat rumah tangga yang biasa dipergunakan ibu rumah tangga atau koki untuk mengaduk adonan supaya mengembang. Sistem kerjanya dengan membuat besi yang berada di tengah berputar pada porosnya untuk mencampur adukan resep bahan sebelum di bakar atau oven.

Demikian uraian penjelasan mengenai contoh gaya sentripetal dalam kehidupan. semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Fisika