Sponsors Link

10 Contoh Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Magnet merupakan suatu benda yang mengandung gaya elektromagnetik kuat dan dapat menimbulkan gaya tarik menarik. Banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari – hari. Namun terkadang orang tidak terlalu menyadari atau peduli tentang susunan komponen terhadap alat yang digunakan. Pemanfaatan gaya magnet telah diterapkan pada beberapa alat yang dipergunakan dalam kehiudupan sehari-hari.

ads

Manfaat dari gaya magnet yaitu mengambil benda-benda dari logam, penunjuk arah, membantu dalam perubahan energi, menghasilkan listrik, merapatkan dua benda, menggantikan roda pada kereta api maglev.

Contoh Gaya Magnet

  1. Loud Speaker (pengeras suara)

LoudspeakerAlat pengeras suara atau load speaker merupakan perpaduan antara magnet yang dipasang secara permanen dan daya elektromagnetik. Prinsip kerjanya yaitu dengan mengkonversi energi listrik berupa sinyal menjadi energi mekanik berupa suara.

Bagian load speaker terdiri dari cone di dalam medan magnet, kumparan voice coil dan magnet permanen. Sistem kerja dari bagian loud speaker adalah sebagai berikut:

  • Interaksi cone di dalam magnet dengan membangkitkan medan elektromagnetik oleh kumparan voice coil.
  • Magnet permanen merupakan bagian loudspeaker yang akan diam di tempatnya.
  • Voice coil bagian yang terus bergerak yang dialairi aliran listrik yang membuat medan magnet berubah arah dan terjadi pergerakan listrik sangat cepat
  • Suara dihasilkan ketika cone magnet terjadi pergerakan berupa penarikan dan penolakan maju mundur.

Baca juga:

  1. Mikrophon

Prinsip kerjanya kebalikan dari loud speaker yaitu mengubah energi suara menjadi energi listrik yang terdapat bagian utama yang disebut diafragma. Mikrophon memiliki selaput yang menempel pada gelungan kabel yang letaknya dalam magnet berbentuk khusus. Suara yang di menggetarkan selaput akan menghasilkan voltase saat melalui medan magnet.

Cara kerja mikrophon yang menhasilkan suara yaitu:

  • Suara merupakan berupa gelombang bunyi dan gelombang tersebut akan masuk kedalam sistem mikrophon.
  • Gelombang bunyi berupa suara tersebut akan melewati bagaian utama mikrophone yaitu diafragma.
  • Membran plastik di dalam diafragma sangat tipis yang berfungsi menggetarkan gelombang suara yang masuk baik besar maupun kecil.
  • Di belakang diafragma terdapat voice coil akan ikut bergetar ketika gelombang memasuki diafragma tersebut.
  • Kumparan Voice coil melingkari magnet permanen. Gelombang yang masuk akan bergesekan dengan medan magnetyang akan menimbulkan energi listrik di dalam magnet.
  • Aliran listrik di dalam medan magnet bergerak menuju amplifier (tempat suara ajkan direkam dan didengar)
Sponsors Link

  1. Kompas (Petunjuk Arah)

kompasKompas merupakan alat penunjuk arah mata angin yang berbahan dasar magnet berupa jarum. Alat ini biasa di pergunakan oleh pendaki gunung, pilot, nakoda (pelaut) untuk membantu menunjukan jalan. Jarum pada kompas selalu menunjukan arah utara dan selatan. Kenapa? karena bumi ini memiliki medan magnet sangat besar di bagian bumi selatan dan utara. Sifat asli magnet selalu membuat jarum kompas menunjukan arah terbalik bagian bumi, namun dengan mekanisme yang telah diperbaiki kita tidak perlu menerjemahkan kebalikan dari sifat terebut.

  1. Pintu Kulkas

Seperti yang kita ketahui bahwa pintu kulkas saat menutup kuat dan rapat. Hal tersebut untuk menjaga suhu tetap dingin di dalam kulkas dapat terjaga dan terlindungi maksimal sehingga tidak memerlukan kunci. Kulkas terbuat dari baja atau besi yang kuat yang di bagian pintunya dilengkapi dengan magnet yang berukuran panjang dan ditutup dengan karet. Sehingga ketika menutup tidak memerlukan energi ekstra akan tetapi ketika membuka diperlukan tenaga ekstra karena magnet pada pintu kulkas dan  bahan logam kulkas terjadi tarik menarik.

  1. Dinamo Sepeda

Pada dinamo sepeda terdapat magnet yang akan berputar di dalam kumparan yang dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik tersebut daat dihasilkan kerena roda sepeda yang bergerak karena kayuhan kita sehingga magnet dapat bergerak pada kumparannya. Getaran dan gesekan tersebut akan menghasiklan medan elektromagnetik yang secara perlahan menjadi energi listrik yang dapat lamu sepeda menyala. Dengan mengayuh sepeda kita dapat menghasilkan listrik.

Sponsors Link

  1. Pengangkat Besi

Alat pengangkat besi dirancang dengan elektromagnetik yang dialiri arus listrik. Besi pada alat ini terdapat lilitan pada kumparan yang tebal. Kumparan tersebut menghasilkan medan magnet  sehingga mampu mengangkat material logam berbahan besi dan baja tua. Mempermudah pemisahan sampah berupa logam terutama besi dan baja untuk dapat di daur ulang dengan dilebur dan dibentuk menjadi besi clan baja yang bars.

Baca juga:

  1. Bel Listrik

Alat yang sering dipakai dan dipasang untuk membantu kita mengetahui tanda melalui suara khas seperti tanda bahwa ada tamu depan rumah, tanda masuk sekolah. Bel ini dilengkapi dengan magnet yang dapat berfungsi ketika ada aliran listrik. Aliran listrik didapatkan dengan cara di tekan. Ketika bel ditekan maka aliran listrik akan mengalirkan energi elektromagnetikdi dalam interuptor. Interuptor ini menarik pemukul hingga menimbulkan bunyi dan ketika bel dilepas suarapun berhenti karena tidak adanya listrik yang mengalir.

  1. Roda Pengganti pada Kereta Api Maglev

Salah satu kereta api modern adalah kereta api maglev. Kereta ini tidak menggunkaan roda tetapi magnet. Maglev sendiri singkatan dari magnetic levitation yang berarti mengapung di atas magnet.

  1. Kartu kredit, kartu debit, dan kartu ATM:

Kartu ATM, kartu kredit mauun kartu debet dilengkapi chips magnet pada sisi-sisinya. Chips magnet ini mengandung informasi untuk menghubungi institusi berkaitan keuangan pribadi dengan rekening pihak bank.

  1. Transformer / trafo

Transformer merupakan perangkat yang dapat mengkonversi energi listrik antara dua perangkat yang terpisah menggunakan listrik melalui konektor magnet.

Demikian ulasan mengenai contoh magnet pada kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan baru menggunakan magnet dan menjadi inspirasi untuk menciptakan alat berbahan dasar magnet.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika