Sponsors Link

10 Contoh Fauna Ethiopia

Sponsors Link

 ciri – ciri hewan vertebrata yang khas dari fauna ethiopia adalah mamalia yang bertubuh besar. wilayah pesebaran Jenis bioma di dunia yang menjadi wilayah pesebaran fauna ini meliputi benua Afrika, Madagaskar, Gurun Sahara dan Wilayah Selatan Saudi Arabia. Berikut contoh fauna ethiopia:

ads
  1. Kuda Nil (Hippopotamus Amphibius)

kuda-nilKuda nil berasal dari sungai Nil di Mesir. Di Madagaskarpun sebenarnya ada sejenis kuda nil hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil. Ukuran tubuhnya termasuk besar karena massa tubuhnya berkisar antara 1,5 – 3 ton. Walaupun berat tetapi memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan 30 km/jam. Warna kulit tubuhnya gelap kelabu. Cara mempertahankan diri dari serangan musuhnya dengan memanfaatkan gadingnya. Habitat hidup kuda nil adalah di air seperti tidur, bereproduksi hingga melahirkan. Namun saat petang dan malam hari keluar untuk memakan rumput.

  1. Gajah Afrika (Loxodonata africana)

Gajah afrika berukuran lebih besar dibandingkan dengan gajah asia dengan berat 4 hingga 7 ton.kebutuhan makan gajah ini hingga 170 kg per harinya. Predator gajah afrika adalh singa, hyna dan manusia. Hidup di bentangan alam selatan Gurun Sahra sampai ujung selatan Afrika dan bentangan pantai barat Afrika sampai Samudra Hindia. Betina gajah hanya melahirkan satu anak per 5 tahun.

  1. Badak Putih (Cerathorium sumum)

Badak putih ini termasuk mega fauna dengan berat 6000 pound (3 ton) dan tinggi 5-6 kaki. Berasal dari Afrika tepatnya dari negara Kongo. Memiliki cula dua dengan panjang 79 inchi (200 cm). Kebutuhan minum hingga 170 liter per hari namun tidak mempunyai klenjar keringat. Sebagai penyeimbang untuk pendinginan suhu tubuh maka badak putih sering berkubang di lumpur sambil minum air untuk kebutuhan tubuhnya. Umur hidup sekitar 45-60 tahun.

  1. Baboon (Papio anubis)

baboonBaboon merupakan kera besar yang hidup di padang rumput (savana) dari Afrika dan beberapa diantaranya hidup di hutan hujan tropis dan padang pasir di Arab. Beratnya bisa mencapai 33-82 pound (15-37 kg) dan panjang tubunya (tidak termasuk ekor) 20-40 inchi (50-100 cm). Hidup berkelompok dengan umur hidup 30 tahun. Termasuk pemakan segala (omnivora). Terdapat 5 spesies baboon. Empat diantaranya termasuk baboon sabana yaitu chacma, zaitun, kuning dan guinea. Satu lagi baboon hanadryas tinggal di perbukitan sepanjang pantai Laut Merah.

Sponsors Link

  1. Singa Afrika (Panthera leo)

Singa ini merupakan raja hutan padang sabana. Didalam piramida biomassa  singa sebagai predator teratas pemangsa. Memiliki bobot yang cukup berat yaitu untuk bobot jantan sekitar 440 pond dan 330pond untuk bobot betina. Hidup berkoloni (berkelompok) dengan per kelompoknya berjumlah 40 ekor bahkan lebih. Terdiri 8 subspesies dan 6 diantaranya yang paling populer yaitu singa barbary, singa afrika barat, singa kongo timur laut, singa massai, singa katanga dan singa transvaal. Sedangkan dua spesies lagi yaitu singa asia atau dikenal dengan singa persia (Panthera leo percia) dan Panthera leo melanocharta.

  1. Antelope (Antelope cervicapra)

antelopeHabitat antelope berada di padang savana Afrika dan Asia. Perawakannya mirip kijang dengan tubuhnya ramping, gerakannya gesit dan terdapat warna coklat gelap di bagian punggung. Beratnya bisa mencapai 73 kg dengan panjang tubuh 1,2 meter dan panjang ekor 1,7 meter. Hidup berkoloni dalam jumlah besar. Perkelompoknya bisa berjumlah ratusan. Tanduknya bisa mematikan dan ketika menua ujung tandung sedikit spiral. Kecepatan larinya hingga 64 km/jam sebagai cara hewan melindungi diri dari serangan musuhnya (predator). Jenis antelope yang hidup di afrika tengah yaitu sitatunga dan lechwe.

  1. Zebra (Eguus zebra)

Si belang garis putih ini termasuk ke dalam kelompok jenis kuda. Garis belang pada zebra merupakan salah satu  cara hewan melindungi diri dari serangan predator yaitu dengan berkamuflase saat redup atau malam hari. Tinggal di padang pasirdan savana afrika (timur dan selatan). Zebra dapat berlari kencang dengan kecepatan 40 mil (65 km/jam). Makanan utamanya rumput, namun terkadang kulit memakan kulit daun, buah, akar dan kuncup. Predator nya di alam bebas adalah singa, hyena, macan tutul dn cheetah.

  1. Trenggiling

8-Jenis-TrenggilingPengelompokan hewan trenggiling terdiri dari 8 jenis. 4 jenis diantaranya menyebar di wilayah Afrika dan 4 jenis lainnya menyebar di wilayah Asia. Tubuhnya dilapisi oleh sisik. Khusus untuk trenggiling afrika tidak memiliki bulu diantara sisiknya tidak seperti trenggiling asia yang terdapat bulu tebal diantara sisiknya. Sisik tersebut terbuat dari keratin yang tersusun menumpuk ke bawah.

Cara mempertahankan diri dari predator adalah dengan membentuk tubuhnya seperti bola dan mengeluarkan bau tak sedap. Mampu berenang dan berlari sangat cepat. Pada siang hari tidur pada lubang yang di galinya dan pada malam hari mencari makan.

Sponsors Link

  1. Jerapah Afrika (Gerrafe camelopardalis)

Binatang ini tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 5 meter dan berat 1 hingga 1000 kg (1ton). Tanduk jerapah tebal dan berat yang berfungsi untuk bertarung dengan sesama jantan kompetitornya. Lidah jerapah berwarna hitam dengan panjang 4 cm fungsinya untuk dapat dengan mudah menggapai makanan di atas pohon dan memasukan ke dalam mulutnya.

jerapahHidup di padang rumput (savana) yang dikelilingi pohon akasia dan tumbuhan polong merambat. Wilayah hidup jerapah di Afrika Tengah, Afrika Timur dan Afrika Sleatan (mulai dari selatan Sahara hingga Cape Town. Satu lagi jerapah dengan corak jaring hanya ada di Afrika Timur. Umur hidup jerapah hanya 25 tahun.

  1. Gorilla (Troglodytes gorilla)

Salah satu jenis primata terbesar yang beasal dari hutan di Afrika. Termasuk pemakan segala. Di alam liar mampu bertahan hidup selama 35 tahun sedangkan jika di kebun binatang hingga umur 50 tahun. Gorilla hidup berkeluarga 6-7anggota keluarga dalam satu kelompok. Setiap harinya membutuhkan 25 kg makanan baik berupa dedaunan, bunga, biji, batang, semut ataupun rayap.

Itulah contoh fauna ethiopia yang dapat kita ketahui walaupun sebenarnya masih ada lagi yang belum di sebutkan.semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang fauna.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Geografi