Sponsors Link

Ciri Flora Oriental

Sponsors Link

Flora oriental atau flora asiatis merupakan flora yang memiliki ciri di sekitar Asia. Di Indonesia tumbuh di wilayah barat. Karena di wilayah barat lebih dekat ke daerah Asia atau negara orientalis. Flora oriental di dominasi oleh ciri-ciri ekosistem hutan hujan tropis. Karena wilayah ini memiliki curah hujan dan kelembapan yang tinggi.  Untuk lebih jelasnya mari kita kenali flora bagian barat Indonesia dari cirinya.

ads

Ciri Flora Oriental

  1. Jenis pohonnya berkayu keras dan berharga

pohon hutanPohon yang tumbuh di area hutan hujan tropis kebanyakan berkayu. Kayu sangat berharga yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Ukurannya yang besar biasa digunakan untuk membuat rumah memenuhi kebutuhan papan.

Contoh:

  • Pohon Jati (Tectona grandis): Pohon kayu bermutu tinggi dengan batang lurus, tinggi besar. Tingginya mencapai 30-40 meter. Memiliki bentuk daun yang lebar dan elips. Pertumbuhannya lambat. Diproduksi konvensianal dengan perkembangbiakan generatif pada tumbuhanmelalui biji. Dipergunakan untuk keperluan meubeul atau furnitur.
  • Pohon Meranti: tergolong kayu keras berkualitas baik. Cirinya memiliki batang lurus, berdiameter besar, tinggi, bebas cabang, memiliki kemampuan purning sehingga minim cacat kayu. Tempat bersarang burung punai. Meningkatkan sumber cadangan air. Kayu yang diprosukdi berumur 25 tahun dengan diameter.
  • Pohon Kruing: ketinggian tajuk mencapai 65 cm. Batang lurus, batang dan ranting menghasilkan resin. Jenis-jenis tulang daun pada kruing yaitu ada yang menyirip jelas. Daun lebar, menebal dan mudah gugur.
  • Pohon Mahoni: termasuk pohon besar dan tingginya mencapai 35-40 meter dengan diameter 125 cm. Batang lurus dengan kulit luar berwarna coklat kehitaman dapat ditemukan liar di hutan jati. Banyak ditanam di pinggir jalan karena dpat mengurangi polusi.
  1. Evergreen atau hijau sepanjang tahun dan berdaun lebat

Ciri lain selain berkayu, flora oriental juga memiliki ciri berdaun lebat dan hijau sepanjang tahun (evergreen) karena berada di iklim tropis dan berhabitat di ekosistem hutan hujan tropis. Walaupun kemarau sekalipun daun vegetasi area ini tetap hijau. Berlaku untuk semua jenis tumbuhan tipe oriental.

  1. Jenis tanaman dalam satu kawasan heterogen

cempakaFlora oriental berupa pohon dengan strata vegetasi dan jenis spesies yang beragam dalam satu kawasan hutan atau biasa disebut dengan heterogen (berbeda-beda). Beberapa jenis pohon yang tumbuh dalam satu kawasan hutan misalnya pohon yang telah disebutkan di point no. 1 (jati, meranti, kruing, mahoni) dan :

  •  Pakis (Cycas rumphii): tanaman ini tumbuh di area lembab dengan ketinggian 800-2000 mdpl. Memiliki daun tyang indah dan beberpa speies dapat dimakan sebagai lalap. Tanaman ini juga memiliki nilai ekonomis tinggi seperti jenis pakis haji, pakis tapak gajah, pakis gajah dan pakis kendil.
  • Cempaka (Magnolia champaca):Pohon berbunga putih atau kuning beraroma harum sebagai sumber wewangian. Cempaka merupakan Flora identitas Aceh yang dikenal dengan Bungong jeumpa dan diabadikan sebagai lagu daerah.
  • Kantung semar: kantung semar merupakan tumbuhan khas tropis yang unik. Tumbuhan ini menggantung pada sulur berbentuk spiral.yang keluar di ujung daun.
  • Anggrek: merupakan puspa bangsa. Spesiesnya paling banyak di Indonesia. Habitatnya di daerah tropis. Dan sering dikembangbiakan sebagai tanaman hias.

Dan masih banyak lagi jenis pohon yang jika diinventarisasi bisa mencapai ribuan jenis. (baca juga: contoh tumbuhan berpembuluh)

Sponsors Link

  1. Terdapat flora endemik

Di wilayah Indonesai bagaian barat dan beberapa kawasan Sabah, Malaysia tumbuh flora endemik yang merupakan puspa langka berbau seperti bangkai dan merupakan bunga terbesar di dunia. Cara berkembangbiak bunga rafflesia juga tidak seperti bunga lainnya. Memiliki siklus hidup yang panjang.

  • Rafflesia arnoldi: Bunga Raksasa ini merupakan holoparasit yang dapat tumbuh jika menumpang pada tumbuhan inang. Tumbuhan inangnya berupa tumbuhan liana tetrastigma. Tidak memiliki sel stomata sehingga tidak mampu berfotosintasis. Letaknya berada di Hutan Bengkulu.

Itulah beberapa ciri flora oriental atau tipe asiatis. Tipe-tipe tersebut juga telah mewakili tumbuhan di wilayah asia. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Geografi