Sponsors Link

6 Cara Menggunakan pH Meter Tanah yang Benar

Sponsors Link

ph meter tanahpH meter merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui apakah benda tersebut (biasanya larutan) memiliki nilai yang asam, netral ataupun basa. Untuk dikategorikan sebagai asam larutan tersebut memiliki nilai pH antara 0-6, pada netral memiliki nilai 7 dan pada basa memiliki nilai 8- 14.

ads

Selain digunakan pada air, pH meter juga digunakan pada tanah. Penggunaan pH meter pada tanah berfungsi untuk bahan penelitian, untuk menanam jenis tanaman tertentu dan untuk mengetahui kualitas dari tanah pada daerah tersebut.

pH meter tanah memiliki logam yang panjang pada bagian bawahnya, yang berfungsi untuk mengukur pada kedalaman tertentu. pH pada tanah sangatlah penting untuk diketahui. Contohnya jika terdapat perubahan pH tanah secara tiba-tiba dengan jumlah yang besar seperti dari pH 7 menjadi pH 4 maka perlu dilakukan penanganan secara langsung agar tanah tersebut tidak rusak jika digunakan untuk pertanian. Cara menggunakan pH meter tanah adalah sebagai berikut:

  1. Beri tanda pada tanah yang akan diukur pH nya
  2. Kemudian, hindari tanah yang memiliki batu-batuan kertas karena dapat membuat detektor pecah dan merusak pH meter tersebut.
  3. Kemudian, jika ingin mendapatkan data yang cukup akurat, siapkan 3-4 lokasi disekitar lokasi utama ( 1-2 meter ) untuk mendapatkan pH optimum pada tanah tersebut.
  4. Kemudian tancapkan ujung alat pH meter kedalam tanah dan pegang bagian atas agar tidak jatuh. Lalu tunggu beberapa saat hingga angka pada pH meter tersebut stabil di layar digital.
  5. Catat pH yang didapatkan
  6. Jika ingin mengukur titik lainnya, bersihkan secara perlahan bagian bawah pH meter dengan lap, lalu pH meter siap digunakan kembali.

Selain manfaat mengetahui kadar pH untuk pertanian, pH meter juga sangat penting diketahui pada tanah gunung yang berada di dekat gunung merapi, terutama setelah terjadi letusan yang menyebabkan terdapatnya lahar. Walaupun tinggi akan mineral yang disebabkan oleh letusan gunung, alangkah baiknya untuk tidak langsung menggunakan tanah tersebut karena dapat membuat kulit iritasi dan gatal-gatal.

Contoh lainnya adalah pada tanah yang terdapat disekitar limbah buangan pabik. pH meter tanah dapat dibuat secara online yang artinya memonitor setiap saat untuk mengetahui kadar keasaman atau kebasaan dari tanah tersebut. Jika tanah tersebut berubah pH secara drastis, bukan hanya ekosistem lingkungan yang tergganggu, tetapi kehidupan manusia juga dapat terganggu. Begitulah manfaat dan cara menggunakan pH meter tanah. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kimia