Sponsors Link

26 Cabang Ilmu Geologi dan Pengertiannya

Sponsors Link

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai cabang ilmu geologi, alangkah baiknya jika kita juga memahami definisi dasar dari ilmu geologi itu sendiri. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam, ilmu Geologi mengambil asal usul bahasa dari negara Yunani, yang berarti ‘Geo’ artinya bumi, dan ‘Logos’ yang artinya ilmu. Secara umum, ilmu geologi dapat diartikan sebagai ilmu sains yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Orang-orang yang tertarik mempelajari ilmu geologi dinamakan geologi.

ads

Dari pengertian ilmu geologi tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa cakupan ilmu geologi begitu luas dan bercabang ke dalam beberapa pembahasan keilmuan yang lebih khusus. Namun, masing-masing cabang tersebut masih saling mendukung dan saling berhubungan. Berikut ini cabang-cabang dari ilmu geologi:

1. Mineralogi

Merupakan cabang ilmu geologi yang khusus mempelajari struktur kristal, sifat kimia, dan fisika (termasuk optik) dari mineral. Ilmu ini meliputi proses penyusunan dan perubahan mineral.

2. Petrologi

Adalah bidang ilmu geologi yang khusus mempelajari tentang batuan dan keadaan pembentukannya. Adapun petrologi sendiri masih mempunyai tiga cabang ilmu lainnya lagi yang berhubungan dengan tiga jenis batuan yaitu batuan beku, metamorf, dan sedimen.

3. Stratigrafi

Merupakan Ilmu yang membahas mengenai sejarah, komposisi, dan usia relatif dan distribusi pelapisan tanah dan interpretasi lapisan-lapisan batuan untuk menjabarkan sejarah bumi.

4. Paleontologi

Adalah cabang ilmu geografi yang menjadikan fosil-fosil yang ditemukan dalam bebatuan sebagai acuan pembelajaran sejarah kehidupan di bumi beserta tanaman dan hewan purba.

5. Geologi Struktur

Merupakan cabang ilmu geologi yang mempelajari distribusi tiga dimensi tubuh batuan dan permukaannya yang datar ataupun terlipat, dengan susunan internalnya.

6. Geomorfologi

Adalah ilmu yang membahas mengenai struktur dan bentuk alam dan proses yang membentuknya.

7. Geofisika

Merupakan bagian dari ilmu bumi membahas mengenai bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip dasar fisika. Disiplin ilmu ini juga mencakup ilmu meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer.

8. Geokimia

Geokimia merupakan cabang sains yang menerapkan prinsip dan teknologi bidang kimia untuk menganalisis dan menjelaskan mekanisme di balik sistem geologi seperti kerak bumi dan lautan yang ada di atasnya.

9. Geologi Ekonomi

Merupakan ilmu yang mempelajari material bumi seperti logam mulia dan logam murni, mineral non logam, batu konstruksi, mineral minyak bumi, batu bara, air, serta bahan lain yang bermanfaat untuk keperluan ekonomi dan industri.

10. Geologi Teknik

Geologi teknik adalah penerapan dari ilmu geologi mengenai praktik rekayasa dalam keperluan menjamin faktor-faktor geologi yang memengaruhi lokasi, desain, konstruksi, operasi, dan perawatan pekerjaan rekayasa yang sudah dikenali dan diperhitungkan dengan matang.

11. Geologi Tata Lingkungan

Merupakan usaha dalam memanfaatkan lingkungan geologi secara rasional dan perlindungan manusia, harta benda serta lingkungannya dari bahaya yang bisa muncul oleh lingkungan geologi tersebut, baik yang sifatnya secara alami maupun karena interaksi dengan kegiatan manusia.

Sponsors Link

12. Geowisata

Adalah pembelajaran yang menjadikan pariwisata sebagai minat khusus dalam pemanfaatan potensi sumber daya alam seperti struktur bentang alam, batuan, struktur geologi, dan sejarah kebumian, sehingga dibutuhkan peningkatan pengayaan wawasan dan pemahaman proses fenomena fisik alam.

13. Geologi Kelautan

Geologi kelautan merupakan pembelajaran yang mencakup ilmu geofisika, geokimia, sedimentologi, dan peleontologi yang ada di dasar samudera dan daerah pesisir. Ilmu ini juga terkait dengan ilmu oseanografi fisik dan tektonik lempeng.

14. Geologi Panas Bumi

Geologi panas bumi merupakan pembelajaran mengenai usaha mendapatkan informasi keberadaan reservoir panas bumi di bawah tanah (eksplorasi). Reservoir panas bumi adalah jebakan air (bisa juga air asin) yang berinteraksi dengan panas bumi sehingga menghasilkan uap dengan suhu dan tekanan tinggi.

15. Sedimentologi

Sedimentologi merupakan cabang ilmu geologi yang khusus membahas mengenai lapisan tanah karena pengendapan tanah yang mengalami migrasi dari tempat lain.

16. Paleontologi

Adalah Disiplin ilmu yang berhubungan dengan geologi dalam pembelajaran mengenai kehidupan pra-aksara atau sebelum ditemukannya huruf dan kata-kata. Paleontologi sendiri terbagi lagi menjadi bidang ilmu khusus, yaitu mikropaleontologi dan palinologi.

ads

17. Geokomputasi

Geokomputasi merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan cabang pembahasan ilmu geologi yang membahas dasar-dasar kerja komputasi dan aplikasi komputer pada bidang geologi.

18. Geopedologi

Geopedologi merupakan ilmu yang membahas korelasi interaksi antara geologi dengan proses penyusunan tanah, faktor pembentukan tanah, kimia, sifat fisik, mineral tanah dan klasifikasi tanah.

19. Geofisika Eksplorasi

Merupakan aktivitas penjajakan struktur geologi yang sesuai dengan pengumpulan minyak bumi dengan menggunakan peralatan geofisika seperti gravimeter, magnetometer dan seismometer. Proses yang terjadi terkait ilmu ini mulai dari survei gravimetrik, survei magnetik, dan survei seismik.

20. Petrografi

Merupakan ilmu yang juga merupakan cabang dari ilmu petrologi yang khusus pada penjabaran jelas dari batuan, seperti kandungan mineral dan hubungan tekstur dalam batuan yang dijabarkan secara detail.

21. Geologi Sejarah

Geologi sejarah adalah penerapan prinsip keilmuan dalam geologi dalam merekonstruksi dan memahami sejarah bumi. Ilmu ini khusus mengulas mengenai proses-proses geologi yang menjadikan bumi terus mengalami perubahan pada bagian permukaan dan bawah permukaan bumi, kemudian dikaitkan dengan penerapan stratigrafi, geologi struktur, dan paleontologi dalam memaparkan rentetan kejadiannya.

22. Kristalografi

Kristalografi merupakan cabang ilmu geologi yang bersifat sains eksperimental dengan maksud untuk mendapatkan susunan atom dalam zat padat.

23. Geoarkeologi

Geoarkeologi merupakan bagian dari disiplin ilmu geologi dan arkeologi yang menerapkan teknik dan bidang konsentrasi geografi dan ilmu kebumian lain dalam mengetes topik yang menjabarkan pemahaman dan pengetahuan arkeologi.

24. Geodesi

Geodesi merupakan cabang ilmu geosains yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Geo yang artinya bumi, sedangkan daisia yang artinya membagi. Jadi, geodesi adalah disiplin ilmu yang membahas mengenai pemetaan bumi.

25. Geokronologi

Geokronologi merupakan cabang ilmu geologi yang dipakai untuk mendapatkan usia absolut batuan, fosil, dan sedimen, dalam suatu tingkat ketidakpastian tertentu yang melekat pada cara yang dipakai.

26. Geologi Rekayasa

Geo rekayasa adalah salah satu dari cabang geologi yang menggunakan praktik rekayasa dalam maksud menjamin faktor geologi dalam memengaruhi tempat, operasi, konstruksi, dan penjagaan tugas rekayasa yang sudah diketahui dan diperhitungkan dengan saksama.

Demikian beberapa cabang-cabang ilmu geologi dan pengertiannya yang bisa Anda pelajari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Geologi